WWF

SOSharks

Jadilah bagian dari WWF dengan menjaga kelangsungan alam Indonesia bagi generasi mendatang melalui program Nature Guardian.
Dukung upaya konservasi hiu di Indonesia dengan berdonasi mulai dari Rp 50.000

Rincian Donasi

Program: SOSharks

Donasi Bulanan

Donasi Satu Kali

Penambahan Donasi:
+

Click to view FAQ Sheet

Melestarikan hiu berarti juga menjaga kesehatan dan keseimbangan ekosistem laut. Berikan dukungan Anda!

Hiu adalah spesies laut yang dikenal memiliki laju regenerasi yang lambat. Sehingga penangkapan yang berlebihan, baik sengaja maupun tidak, akan sangat berpengaruh terhadap populasinya di alam.Penurunan populasi hiu juga terjadi akibat eksploitasi berlebihan yang didorong oleh tingginya permintaan akan produk-nya seperti sirip, daging, dan lain sebagainya.

Terdapat lebih dari 400 jenis hiu di dunia . Sepuluh diantaranya telah masuk ke dalam Apendiks II CITES dan lebih daru 50% masuk dalam kategoriTerancam Punah pada Daftar Merah IUCN. Dari 400 jenis tersebut, ada 118 jenis yang dapat ditemukan di Indonesia, namun baru 9 spesies hiu yang dikelola dan diatur perlindungannya di Indonesia.

Fakta lain dari tingkat global, laporan statistik FAO tahun 2019 mengatakan bahwa Indonesia adalah negara dengan produksi hiu tertinggi di dunia dengan menyumbang sekitar 13% dari rata-rata tangkapan pertahun pada 2007-2017, karena terdapat adanya tren kenaikan jumlah tangkapan hiu walaupun tidak begitu signifikan dengan rata-rata tangkapan 110.736 ton/tahun. Pada tahun 2014-2016, WWF-Indonesia menemukan fakta bahwa beberapa restoran dan hotel di Jakarta masih dapat menghidangkan sekitar 12 ton sirip hiu dalam kurun waktu satu tahun (2014), setelah sebelumnya memproduksi 15 ton per tahun (2013). Selain Jakarta sebagai ibu kota dan pusat ekonomi Indonesia, konsumsi hiu juga ditemukan di Denpasar. Sebagai salah satu daerah dengan aktivitas pariwisata tinggi, ditemukan sebanyak 12 restoran yang dapat menghidangkan sekitar 2 ton sirip hiu dan 756 kg hidangan kepala hiu per tahun. Padahal, sebagai predator puncak, hiu berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Dukungan Anda dapat membantu upaya konservasi untuk menyelamatkan hiu, juga menjaga kesehatan dan keseimbangan ekosistem laut Indonesia.

Paket Hadiah

  • Dukung Program Pilihanmu

    Periode program 01-15 Desember 2020. Berikan hadiah akhir tahun untuk orang tersayang.

  • Paket Pilihan donasi

    Paket pilihan donasi

  • E-Magazine

    (setiap 4 bulan sekali)

  • e-Newsletter

    WWF Monthly e-Newsletter

Previous Next

Infographic