WWF

Sahabat Penyu

Sahabat Satwa merupakan program donasi berkelanjutan,
untuk melindungi spesies yang terancam punah beserta habitatnya.

Rincian Donasi

Program: Sahabat Penyu

Donasi Bulanan

Donasi Satu Kali

Penambahan Donasi:
+

Click to view FAQ Sheet

Indonesia merupakan rumah bagi 6 dari 7 spesies penyu yang ada di dunia. Ketujuh spesies penyu tersebut adalah Penyu Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Tempayan, Penyu Pipih, Penyu Sisik, dan Penyu Lekang. Selamatkan mereka dengan menjadi Sahabat Penyu. Pemberian donasi mulai dari Rp. 50.000/bulan.

Penyu Laut masuk dalam daftar IUCN sebagai spesies dengan kategori terancam punah. Ancaman yang dihadapi Penyu antara lain praktik perikanan yang tidak ramah lingkungan, pembuangan sampah di pantai & laut, perdagangan daging dan telur, eksploitasi yang membahayakan lingkungan, maupun perubahan iklim. Hanya 1 dari 1000 tukik yang dapat selamat hingga menjadi Penyu dewasa. 

Keunikan Penyu
Penyu adalah sejenis reptil yang bernafas dengan paru-paru namun hidup di laut. Bayi Penyu disebut tukik, cangkangnya disebut karapas dan tulang dadanya dikenal dengan plastron. Penyu Belimbing adalah penyu yang berukuran paling besar, dapat menyelam paling dalam, berenang paling cepat dan melakukan perjalanan paling jauh. Sekali bertelur, penyu betina menghasilkan 50-150 butir telur, tergantung jenisnya. Penyu mampu bertahan hidup hingga berusia lebih dari 100 tahun, tergantung jenisnya. Penyu merupakan satwa pengembara yang tangguh karena dapat mengarungi samudra hingga ribuan kilometer. Bahkan penyu belimbing mampu menyeberangi Samudra Pasifik.

Paket Hadiah

  • Kartu Supporter Penyu

    Kartu Supporter Penyu

  • Plush Toy

    Boneka Penyu

  • Living Planet Magz

    (setiap 4 bulan sekali)

  • e-Newsletter

    WWF Monthly e-Newsletter

Previous Next

Infographic